Selasa, 14 April 2009

BERJUANG BERSAMA DENGAN TUHAN


Oleh: Jefri Harahap

BERJUANG BERSAMA DENGAN TUHAN

MAZMUR 25:1-5

Perikop ini menceritakan bagai mana Daud meminta pertolongan pada Tuhan, karena Daud menyadari akan keberadaan hidupnya yang tidak berdanya, dan tampa pertolongan Tuhan Daud merasa tidak mampu untuk melewati tantangan yang datang menimpa kehidupanya sehari-hari. Sadar tidak sadar dalam kehidupan manusia tidak bisa di sangkali bahwa setiap orang yang hidup di dunia ini pasti mengalami banyak kejadian yang tidak kita duga atau kita harapka terjadi dalam kehidupan kita seperti: “penyakit, dihina, kelaparan dan masih banyak hal tantangan-tantangan yang selalu menghinggapi kehidupan kita sehari-hari”. Demikian juga tantagan tersebut seakan-akan mau menjauhkan dari tuhan, dan tantangan itu juga tidak pandang bulu, atau pandang orang, namun jika kita tidak waspada dan tidak berjuang dengan Allah, maka hubungan kita dengan Allah akan putus. Sebab itu Daud berkata dalam ayat 1 “ kepada-Mu ya Tuhan, kuangkat jiwaku”.

Kalau kita perhatikan dari ungkapan Daud di ayat 1 ini, Daud hanya menyerahkan dan memberitahukan segala masalah dan Daud hanya percaya kepada Tuhan dan Daud tidak pernah meragukan akan pertolongan Tuhan yang akan Tuhan kerjakan dalam hidupnya. Karena itu Daud berkata Tuhanlah gembalaku, dan takan kekurangan aku”(maz 23:1). “Jangan biarkan rintangan itu jadi penghalang dalam hidupmu, tapi ubahlah rintangan itu jadi peluang dalam hidup ini”

“JADI PEMENANG BUKANLAH MEREKA YANG TIDAK PERNAH GAGAL, MELAINKAN MEREKA YANG TIDAK PERNAH BERHENTI UNTUK MENCOBA

BAGAI MANAKAH CARA KITA UNTUK BERJUANG BERSAMA DENGAN KRISTUS YESUS?

A. Mendahulukan Tuhan Dalam Segala Hal (Ayat 1-2)

Di dalam menjalani kehidupan kita ini perlu kita mendahulukan Tuhan dalam segala hal, sebagai mana Daud mendahulukan Tuhan dalam setiap perngumulannya. Dalam mendaulukan Tuhan dalam segala hal “ berarti mengikut sertakan Tuhan di dalam setiap pergumulan kita. Orang yang benar-benar mendahulukan Tuhan di setiap pergumulan dan setiap permasalahannya, pasti Tuhan akan bertindak dan memberikan jalan keluar bagi setiap pergumulan-pergumulsn yang kita hadapi, sebab Allah tidak menciptakan kita untuk kalah melainkan menang, (Roma 8:31-39). Jadi orang yang mau mendahulukan Tuhan pasti akan memiliki hidup yang seimbang dan tidak mudah putus asa.

Setiap orang yang mendahulukan Tuhan dalam hidupnya....

1. Pasti akan ada perubahan dalam hidupnya.

2. Pasti ada sukacita di dalam hidupnya

3. Pasti akan melihat janji Allah dalam hidupnya (Ulagan 28:2-14)

4. Pasti akan mempunyai hidup yang kekal (Mat 16:25, Lukas 9:24)

B. Mau dipimpin oleh Tuhan (ayat 4-5)

Orang yang mau berjuang bersama dengan Kristus, dia harus mau di pimpin oleh Tuhan dan mau di tuntun oleh-Nya. Dalam kamus bahasa Indonesia kata di pimpi artinya “diarahkan, dituntun dan di bawa”. jadi jika kita mau di pimpin oleh Tuhan marilah kita mau di arahkan dan jangan kita mengandalkan kekuatan sendiri kita. Sebab kekuatan kita itu terbatas adanya. Karena itu libatkan Tuhan dalam segala sesuatu yang mau kita lakukan. Jadi orang yang mau di pimpin oleh Tuhan dan yang rela untuk di arahkan oleh Tuhan, pasti Tuhan akan bertanggun jawab dan akan menyengarkan jiwa kita serta menuntun kita ke jalan yang benar (Maz 23:3). Kata menyengarkan dalam bahasa Idonesia ialah “merasa nyaman, di pulihkan dan takan kekurangan segala apapun. Jadi semua orang yang mau di pimpin Tuhan juga tidak akan mendapat malu serta ada jawaban doa yang kita dapatkan.

Menurut barnes dalam ayat 25 ini “ Pimpinlah aku di dalam kebenaran milikmu, dan mengajar aku sesuai dengan kehendakmu, karena dari padamulah datang keselamatan dan pertolonganku.

Karena itu mulailah hari-harimu dengan seyum dan sukacita di dalam Tuhan, karena Bapa telah menyediakan berkat-berkat yang melimpah bagi kita, sehingga sukacita kita nyata memenuhi kehidupan kita”.

AMEN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar