Minggu, 19 April 2009

MAJU BERSAMA KRISTUS


OLEH: ERWIN SIMANJUNTAK


MAJU BERSAMA KRISTUS

FILIPI 3:13-14

Perjalanan orang percaya menjalani hidup ini penuh dengan tantangan dan problema hidup, sehingga kadang orang percaya harus mengalami yang namanya tersandung, jatuh, bahkan sering mengalami kegagalan. Hal ini memungkinkan terjadi karena ada hal-hal yang harus kita koreksi dalam diri kita. Bagaimanakah kita mungkin kita mampu atau bsa berjalan dalam kebenaran, akan tetapi tidak ada prinsip yang kita pegang dalam Tuhan? Oleh karena itu untuk kita bisa maju didalam Tuhan, libatkan Tuhan dalam setiap kondisi perjalanan hidup kita ini.

“Memprioritaskan Tuhan dalam hidup akan memampukan kita untuk tetap maju dalam kebenaran serta menjalani hidup yang penuh dengan problema hidup”

READY TO GO A HEAD?START IT NOW..!

MATI – BANGKIT – MAJU (BERLARI,BERGERAK)

IF YOU WANT TO GO A HEAD:

  1. FORGIVE YOUR PAST

LUPAKAN APA YANG DIBELAKANGMU (FLP 3:13-14)

Salah satunya cara untuk bsa kita berjalan dengan tenang dan lebih cepat yaitu dengan cara meninggalkan ataupun melupakan apa yang ada dibelakang kita. Dalam Efesus 4:31 mengatakan “segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan”. Ayat ini memberikan pengertian yang sangat mendalam dalam mengatasi problema hidup ataupun menjalani hidup. Dengan melupakan atau melepaskan semua ini maka kita akan mendapat kelegaan atau sukacita dari Tuhan.

Paulus membuat suatu tujuan hidup, karena ia telah melihat sekilas kemuliaan sorga (2 Kor. 12:4) dan telah memutuskan bahwa dengan kasih karunia Tuhan seluruh kehidupannya akan berpusat pada tekadnya untuk maju terus agar pada suatu hari ia akan mencapai sorga dan berhadapan muka denga Kristus.

Tekad seperti ini perlu bagi kita. Sepanjang kehidupan kita bermacam-macam gangguan dan pencobaan, seperti kekhawatiran hidup, kekayaan, keinginan daging ataupun yang jahat sangat mengancam untuk menghalangi kita kepada Tuhan (Bd Mrk. 4:19; Luk. 8:14). Yang kita perlukan ialah melupakan apa yang telah dibelakang kita” yaitu dunia kehidupan kita yang lama, yang mungkin kita sering berbohong, selingkuh, akar pahit, kebencian dll. Kata “melupakan” dalam Yunani “ἐπιλανθανὀμενος” yang mempunyai arti suatu keharusan untuk melupakan hal-hal tertentu seperti kejahatan.

- KOL 3:5-8

  1. HADAPI APA YANG DIDEPANMU (1 Korintus 9:24-27)

Paulus menekankan supaya dalam pertandingan kita serius dalam menghadapi apa yang didepan kita. Dengan adanya pengarahan pada apa yang di depan kita maka kita akan berani menghadapi apa yang didepan kita. Paulus membuat prinsip bagaimana supaya orang percaya maju begitu rupa dan menghadap apa yang dibelakang kita, dengan suatu pandangan yang positif yaitu berani menghadapi sesuatu akan memperoleh suatu mahkota (ay. 25).

Perjuangan Yesus Kristus dalam membawa salib menuju Golgata, menjadi teladan bagi semua orang Kristen. Dan perjuangan menghadapi apa yang didepan kita itu akan dapat menghasilkan kemenangan. Siksaan yang dihadapi oleh Yesus menuju Golgata itu sangat mempunyai arti bagaimana kita hidup sebagai orang Kristen menghadapi cobaan dalam hidup ataopun menghadapi problema kehidupan kita. Apakah kita mampu menghadapinya atau apakah kita akan mundur. Mundur melambangkan kekalahan, akan tetapi MAJU trus melambangkan kemenangan. Seperti yang telah dilakukan oleh Yesus Kristus “MAJU TRUS” hingga Dia mencapai tujuan dan kemenangan yang sudah dinanti-nantikan. Hingga Yesus berkata “Have a finish”, atau “Sudah selesai”.

  1. KNOW THAT FUTURE IS YOURS

KETAHUILAH MASA DEPANMU INDAH

- MZM 37:37 (AKAN ADA MASA DEPAN)

Pemazmur mengatakan bahwa setiap orang yang mengandalkan Tuhan dalam perjalanan hidup akan mengalami dan mendapat masa depan yang indah. Yesaya 46: 4 “Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa rambutmu Aku menggendong kamu, Aku telah melakukannya dan menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu”. Ini adalah janji Tuhan dan jaminan bahwa kita akan memperoleh masa depan yang indah didalam tangan Tuhan. Oleh karena itu majulah terus di dalam Tuhan

- YER 29:11 (MASA DEPAN YANG PENUH HARAPAN)

Dalam perjuangan didalam Tuhan maka kita akan memperoleh Kemenangan didalam-Nya. Dalam perjuangan ini kita akan memperoleh mahkota yang sudah disediakan Tuhan yaitu:

Mahkota kebenaran (2 Tim. 4:8)

Mahkota kehidupan (Yak. 1:12)

Mahkota kemuliaan (1 Pet. 5:4)

Mahkota abadi (1 Kor. 9:25)

Mahkota kemegahan (1 Tesalonika 2:19)

PLAN YOUR WORK

AND

WORK YOUR PLAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar